Friday 9 June 2017

RAMADHAN PRODUKTIF DI KAMPUS

RAMADHAN PRODUKTIF DI KAMPUS, Cerita Kegiatan Bulan Ramadhan di Kampus Uny

Saipuddin
Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta


RAMADHAN PRODUKTIF di KAMPUS, Cerita Kegiatan Bulan Ramadhan di Kampus Uny
Siapa yang tidak bahagi menanti datangnya bulan suci ramadhan.Tentunya setiap ummat muslim laki-laki dan perempun tanpa terkecuali sangat menantikan bulan yang penuh berkah. Kini telah bulan rhamadan sudah tiba, ramai-riuh terlihat disana-sini mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut bulan suci ramadhan. Selain mempersiapkan diri untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Banyak juga yang mempersiapkan jajanan serta kuliner untuk berbuka puasa. Tentunya sebuah berkah juga bagi yang menjajakan aneka kuliner terutama yang disepanjang jalan raya kampus.
Setiap ramadhan biasanya perkuliahan masih aktif hingga seminggu sebelum lebaran. Sehingga, memberikan keuntungan pula bagi penjual aneka kuliner untuk berbuka puasa. Meski bulan suci Ramadhan, kegiatan kampus tetep berjalan lancar dan mahasiswa pun tetap beraktivitas dikampus seperti biasnya. Mulai dari yang kuliah, kekampus hostpotan, mengerjakan tugas, ke perpustakaan, beribadah dan ngaji di Masjid Mujahidin Uny hingga tiba waktunya berbuka puasa.
Menjalankan ibadah puasa di kampus tentunya tidak membuat boring karena banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu dengan baik. Fasilitas yang disediakan olek pihak kampus Universitas Negeri Yogyakarta untuk mendukung mahasiswa mandiri dan berkembang sudah ada. Sehingga, tinggal dimanfaatkan dengan baik saja oleh mahasiswa. Dengan begitu, meskipun berpuasa dikampus tidak membuat kita jenuh malah terasa cepat saja waktunya.
Bila waktu Ashar tiba kita bisa ke Masjid Mujahidin Uny untuk sholat berjamaah dan tafakur hingga waktu buka puasa. Karena Masjid kampus Uny juga mempunyai kegiatan rutin setiap harinya. Ba’da ashar diadakan pengajian hingga waktu buka dan ada kegiatan buka bersama juga, kebanyakan anak kos tentunya para pencari ta’jil hehe termasuk saya juga. Namun, itu bermanfaat dan ada nilai tersendiri bagi saya selama kuliah di Uny. Ada keunikan tersendiri dimana ketika saya ke Masjid Uny untuk mengikuti kegiatan pengajian dan niatnya berbuka puasa bersama di Masjid namun, ketika sampai di Masjid orang sudah duduk berbaris rapi seperti shap sholat saling berhadapan dan siap untuk menikmati santapan buka puasa. Disitu saya merasa konyol “pulang malu tak pulang yaa sholat jama’ah”, baru setelah itu bergegas mencari buka buasa dipinggiran jalan yang selalu ramai akan jajanan dan aneka kuliner dari minuman, makanan dan buah. Terasa lega setelah masuk seteguk air dan alhamdulillah berbuka juga.
Banyak hal yang dapat saya pelajari yang tidak saya temukan dikampung halaman saya. Disini saya menemukan hal-hal yang baru, ilmu, pengetahuan, ilmu agama dan pengalaman yang tidak terlupakan. Dan tidak sedikit juga sesuatu yang ada dikampun halaman tidak saya temui disini. Intinya dimana pun kita berada tetaplah merunduk dan berbahasa. Saya teringat pesan guru besar pendiri ponpes “NW” dikampung saya, beliau berbahasa bahwasanya “dimanapun kamu berada, tetaplah menjaga akhlaq maka, tidak ada yang menyakiti atau melukaimu”. Pesan ini selalu saya ingat kemanapun saya pergi dan dimanapun saya berpijak. 
Kata Kunci : Ramadhan Produktif, Kampus Uny



No comments:

Post a Comment

RAMADHAN PRODUKTIF DI KAMPUS

RAMADHAN PRODUKTIF DI KAMPUS, Cerita Kegiatan Bulan Ramadhan di Kampus Uny Saipuddin Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta ...